Apa Sih Hash Rate Itu?

Apa Sih Hash Rate Itu?
Hash rate adalah tingkat kecepatan mesin yang digunakan penambang dalam memproses transaksi atau menambang aset kripto. Anggap saja seperti generator kata acak di mana setiap hash adalah sistem yang menghasilkan kata-kata acak. Karena setiap hash yang dibuat bersifat acak dan tidak mungkin untuk diprediksi. Diperlukan jutaan tebakan atau hash sebelum target terpenuhi dan seorang penambang memenangkan hak untuk mengisi blok berikutnya dan menambahkannya ke blockchain. Setiap kali itu terjadi, hadiah blok dari koin yang baru dicetak diberikan kepada penambang yang berhasil bersama dengan pembayaran biaya apa pun yang melekat pada transaksi yang mereka simpan di blok baru. Hash rate diukur dengan satuan hash per second (H/s). Angka hash rate akan terus berubah seiring dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu aset kripto.


Mengapa Hash Rate Penting?


Hash rate memegang peranan penting dalam jaringan blockchain. Jika tingkat hash per detik naik, maka hash rate dalam jaringan aset kripto juga akan semakin baik. Pasalnya, tingkat hash rate merepresentasikan keamanan dalam sebuah jaringan aset kripto. Akibatnya, makin banyak pula investor yang mengincar aset kripto tersebut. Jadi, semakin tinggi hash rate sebuah jaringan, semakin bagus pula tingkat keamanan jaringan tersebut. Sebaliknya, hash rate yang rendah menunjukan bahwa tingkat keamanan suatu jaringan relatif rendah, sehingga rentan untuk diretas atau diserang oleh hacker. Selain keamanan jaringan, tingkat hash rate ini juga memengaruhi tingkat kesulitan dalam proses mining aset kripto. Ambil contoh Bitcoin. Seiring dengan meningkatkan hash rate, maka semakin sulit pula proses mining Bitcoin. Tingkat hash rate juga dapat membantu para penambang (miners) mengetahui siapa saja kompetitornya di sistem blockchain, memprediksi profitabilitas, dan menentukan mesin yang cocok untuk mining aset kripto.

Tingkatan Hash Rate Di bawah ini adalah jenis-jenis ukuran hash rate yang sering digunakan dalam proses mining aset kripto.
kH/s (1 kilo hash) = 1.000 hash per detik
MH/s (1 mega hash) = 1 juta hash per detik
GH/s (1 giga hash) = 1 miliar hash per detik
TH/s (1 tera hash) = 1 triliun hash per detik
PH/s (1 peta hash) = 1 kuadriliun hash per detik
EH/s (1 exa hash) = 1 kuantiliun hash per detik
ZH/s (1 zeta hash) = 1 sekstiliun hash per detik
YH/s (1 yotta hash) = 1 septiliun hash per detik

Artikel Lainnya

Cara Periksa Alamat FLUX di Wallet/Dompet AndaDi dalam artikel ini membahas bagaimana cara memeriksa alamat wallet. Hal ini berfungsi bagi Anda yang ingin menerima transfer hasil nebeng Crypto ke wallet Anda. . Dikarenakan jenis wallet yang digunakan bisa bermacam-macam, maka pada post kali ini Kami akan tunjukan cara periksa alamat wallet pada jenis wallet yang paling banyak digunakan yaitu Binance. Cara pengecekan penerimaan hasil nebeng di platform wallet lain mungkin akan sedikit berbeda, namun menu yang diberikan tidak jauh beda dengan yang Kami tunjukkan saat ini. . Pada contoh ini, Kami menunjukan cara melakukan pengecekan koin "FLUX" dengan network/jaringan “BNB Smart Chain (BEP20). Jika Anda ingin melakukan pengecekan koin lain dengan jaringan yang tersedia, tahapannya juga sama. Berikut langkah-langkah cara memeriksa alamat wallet :. 1. Silahkan buka aplikasi wallet Anda. Setelah terbuka, Anda bisa menekan menu “Wallets” atau “Dompet” yang biasanya terletak di bagian kanan bawah. . 2. Setelah wallet terbuka, Anda
Sosial Media
Hubungi Kami
0857 3884 6062
support@minestack.id
Berita Newsletter
`Berlangganan
Alamat
Benoa Square Lt 2, Jl. Bypass Ngurah Rai No.21A, Kabupaten Badung, Bali 80361
Disclaimer
*Hitungan hash rate berdasarkan algoritma SHA256. Apabila ada perubahan algoritma maka hashrate yang didapatkan akan disesuaikan dengan algoritma yang baru dengan proporsional kekuatan mesin yang setara dengan algoritma sebelumnya.
**Semua angka dan diagram hanyalah ilustrasi dan bukan bagian dari kontrak penawaran Kami. Hasil mining bisa berubah sewaktu-waktu berdasarkan berbagai macam faktor termasuk tapi tidak terbatas pada: level mining difficulty, perubahan aturan protokol, perubahan harga pasar crypto, perubahan harga listrik, perubahan hukum dan undang-undang yang berlaku, dan lain sebagainya yang muncul di kemudian hari
Copyright 2022 ©- MineStack.id